Jumat, Februari 29, 2008

MK II Kamda Lampung

“Semakin bertambahnya wawasan keislaman”, begitulah komentar dari Berlin Toni salah satu peserta MK (Madrasah KAMMI) II yang diadakan oleh Kamda Lampung (28/02). Kajian pergerakan dengan tema “Pemikiran Islam” dibawakan oleh Ust. Hilmudin Tsulani Ketua IKADI Lampung. Menurut Ust. Hilmudin banyak umat islam saat ini yang memang beragama islam tapi pemikirannya sosialis, liberal, dll. “Pemikiran adalah suatu proses perenungan yang mendalam dari usaha logis manusia yang mengkristal dan menjadi rumus-rumus kehidupan, jika pemikiran-pemikirannya benar maka akan menghasilkan produk-produk atau agenda-agenda yang benar pula. Orang yang memiliki pemikiran, tindakan dan tingkahlakunya jelas, ia punya prioritas apa yang harus dilakukan dan sumber pemikiran islam adalah qur’an dan hadist” ujar beliau.

Adapun tanggapan tentang banyaknya pemikiran sesat saat sekarang ini, beliau menganjurkan agar kita jangan bermusuhan “Dalam menyikapi banyaknya pemikiran sesat, kita tidak bisa membendungnya, tetapi kita harus menguatkan diri kita agar kuat untuk meluruskan yang salah seperti dengan pengajian untuk mengkaji dan berdialog. Pemikiran sesat itu harus kita imbangi dengan peningkatan pemikiran dari kita sehingga kita dapat memberitahukan yang benar dan pemikiran sesat pun nanti juga akan tersingkir dengan sendirinya” timpalnya. Adapun terkait dengan jamaah yang sama dengan kita, beliau menuturkan bahwa kita bukan rebutan tapi ber fastabiqul khairat. Beliau berpesan kepada KAMMI agar mempertahankan identitassebagai “pelopor” dalam reformasi dan agar menjaga orisinalitas islam yang menjadi landasan.

Dari hasil kajian didapatkan bahwa pemikiran berawal dari manusia yang belajar baik dari pengalaman, membaca buku, berdiskusi dan lain sebagainya kemudian diserap maka akan ada sumber sehingga jadilah sebuah pemikiran. Dari pemikiran tersebut akan menghasilkan produk pemikiran yang berupa agenda-agenda pemikiran yang akan menghasilkan buah dari pemikiran tersebut.

Madrasah KAMMI sendiri menurut Muhammad Adi Hindrawan Ketua Dept. Kaderisasi Kamda Lampung adalah follow up pembinaan kepada kader Anggota Biasa (AB)II setelah lulus DM II. “Agenda ini diadakan untuk membantu menghasilkan kader-kader KAMMI yang memiliki kepribadian syakhsiyyah da’iyah setelah sebelumnya memiliki kepribadian syakhsiyyah islamiyah” tuturnya. MK II diadakan satu bulan dua kali setiap hari Kamis pukul 13.00 WIB pekan ke-2 dan ke-4 dengan pembicara bekerjasama dengan Ikadi Lampung. Beliau berharap pada AB II yang lain agar ikut aktif mengikuti MK II karena ini juga sebagai ajang silaturahmi plus yaitu silaturahmi sesama kader KAMMI yang selain menambah kedekatan emosional juga mendapatkan penambahan atau peningkatan dan pencerahan intelektual. mh

Tidak ada komentar: